Categories
Review

Elementary OS, Linux yang User Friendly

Elementary OS adalah sebuah alternatif menarik untuk pengguna Windows dan macOS. Mereka menawarkan sebuah sistem operasi Linux yang cepat, open source, dan aman. Jika laptopmu sudah lemot untuk menjalankan Windows, mungkin sudah saatnya kamu beralih ke OS yang ringan ini. Sistem operasi yang gratis, legal, namun keren!

Di akhir 2018, Elementary OS mengeluarkan versi terbaru yang diberi nama “Juno”. OS ini dirilis dengan tujuan untuk memberikan user experience yang lebih baik, mudah dipakai, serta mudah dikembangkan.

OS ini dibangun dengan platform Ubuntu sebagai dasarnya. Ditujukan bagi market pengguna beginner. Barangkali Elementary OS ini adalah distro Linux yang paling gampang digunakan bahkan oleh orang gaptek sekalipun

Tampilan desktop Elementary OS
Tampilan desktop Elementary OS

Alasan Install Linux

Jika kamu sudah muak dengan Windows, atau kamu merasa tidak ingin menghabiskan uang untuk lisensi Windows, mungkin itu menjadi alasan yang tepat untuk mempertimbangkan beralih ke Linux.

Ada sejumlah distribusi yang ramah bagi pengguna baru. Jika kamu khawatir bahwa Linux mewajibkan kamu menghafal perintah-perintah command line yang rumit, maka sebaiknya jangan coba install Linux.

Tapi kalau ingin tetap mencoba, menemukan bantuan Linux sangat mudah akhir-akhir ini, dan banyak komunitas yang lebih ramah bagi pemula. Dan yang terpenting, Linux itu gratis!

Berikut ini adalah beberapa distribusi yang layak dicoba:

  • Ubuntu: Sangat populer, banyak dukungan, baik dari pengguna dan pengembang. Opsi yang bagus jika kamu memerlukan dukungan driver atau menginginkan versi linux yang mungkin tidak pernah mengharuskan kamu menggunakan terminal.
  • Linux Mint: Cepat dan fleksibel, bahkan pada mesin laptop jadul. Tampilan antarmuka seperti Windows XP yang pasti akan anda kenali. Komunitasnya besar dan terus berkembang, ramah bagi pemula.
  • Elementary OS: Ringan dan cepat, bisa di-customize. Berbasis komunitas, dan memiliki keunggulan pada desain dan tampilan. Salah satu OS Linux tercantik yang pernah saya gunakan. Jika anda mencari distro Linux dengan desain yang tidak memalukan, ini dia yang ada cari.
  • Lubuntu: Lebih ringan daripada Ubuntu tanpa banyak bloat yang tak perlu. Jika anda memiliki laptop yang lebih jadul dan butuh OS bertenaga lebih ringan, cobalah distro ini. Dukungan komunitasnya bagus dan ramah bagi pengguna baru juga.

Tapi catatan pentingnya adalah ini: Jika kamu seorang gamer yang suka memainkan game-game rilisan terbaru, Linux mungkin bukan pilihan tepat. Jika kamu seorang desainer grafis yang sangat mengandalkan Adobe’s Creative Suite, Linux juga bukan pilihan bagi anda.

Apakah Linux Cocok Buat Kamu?

Tergantung pada komponen di PC atau periferal yang kamu miliki, besar kemungkinan anda mengalami kesulitan menemukan driver yang tepat untuk hardware. Plus, banyak developer yang belum menggunakan Linux karena pangsa pasarnya masih kecil. Jika kamu hanya menggunakan komputer untuk browsing web atau sesekali perlu mengolah data, dan ketik mengetik, maka menggunakan Linux adalah pilihan yang baik.

Linux atau tidak, tergantung Periferal laptop anda
Linux atau tidak, tergantung Periferal laptop anda

Tentang Elementary OS, distro Linux ini dibangun oleh Daniel Foré. Awalnya, dia tidak berencana membangun sistem operasi. Pada 2006, Foré muak dengan Windows, dan dia beralih ke Linux, sistem operasi open source.

Tapi dia tidak hanya menggunakan OS. Seperti banyak orang lain, dia juga membantu mengembangkan teknologi ini. Walaupun tidak memiliki pengalaman pemrograman, tetapi dia ingin terlibat dalam proyek komunal yang terkenal ini, jadi dia merancang satu set ikon untuk OS. Dan dari sana, dia mulai mengerjakan tema desktop yang disebut Elementary.

Selang beberapa waktu, ia bergabung dengan pengelola file Linux populer Nautilus. Foré menangani sisi desain, menciptakan versi baru yang lebih modern dan ramping. Mereka menyebutnya Nautilus Elementary.

Dan ketika desainer dan pengembang lain mulai saling berhubungan, mereka mulai membangun aplikasi-aplikasi di bawah bendera Elementary, dengan tujuan menghadirkan desain yang cantik untuk Linux.

Dari situ, ia dan timnya memutuskan membuat distribusi Linux mereka sendiri. Hasilnya adalah Elementary OS, versi baru Linux yang didedikasikan untuk menyediakan sistem operasi yang indah dan kuat yang akan berjalan dengan baik bahkan pada PC lama – dan gratis.

Dukungan AppCenter

AppCenter Elementary OS
AppCenter Elementary OS

Memiliki App Store sendiri benar-benar menghidupkan Elementary OS. OS ini tidak lagi terasa seperti Linux yang kaku, melainkan sebuah OS yang sangat mudah digunakan untuk mengunduh aplikasi-aplikasi 3rd party.

Apakah AppCenter dapat memotivasi lebih banyak pengembang untuk membuat aplikasi untuk Linux, dan sejauh ini, jawabannya sepertinya, iya.

Cukup menyenangkan untuk membuka AppCenter setiap minggu, karena selalu ada aplikasi baru yang muncul disana. Terkurasi.

Saya sudah menggunakan Linux selama bertahun-tahun, dan saya belum pernah melihat aplikasi-aplikasi baru beredar secepat ini. Saya kurang tahu apakah aplikasi-aplikasi ini dapat dipasang di versi Linux lain, tapi bagi pengguna Elementary seperti saya, tawaran ini membuat saya makin betah.

Di AppCenter ini, anda bebas menentukan harga apps. Boleh $0, boleh $100, terserah anda. Tapi saran saya, pastikan untuk membayar beberapa dolar apabila aplikasi yang anda unduh itu benar-benar berguna.

Konklusi

Jika kamu penasaran untuk mencoba OS baru, untuk laptopmu yang sudah uzur, Linux adalah pilihan yang baik. Dari sedemikian banyak distribusi Linux yang tersedia, Elementary OS adalah yang paling cantik tampilannya, juga ringan. Mereka memiliki App Store yang cukup lengkap, dengan pilihan harga yang flexible –Anda bahkan diizinkan untuk mengisi “$0” di kolom harga ketika ingin mengunduh sebuah aplikasi dari App Store mereka.

Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk mulai menginstall OS yang satu ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.